Sabtu, 22 Oktober 2011

(M)usic, (E)xperience, un(L)imited, (O)riginal. do it (N)ow!

Music, Experience, unLimited, Original. do it Now!


Musik. Ya, bisa dibilang sebagai belahan jiwa. benar-benar tak bisa dibayangkan bila kau hidup tanpa musik. Mungkin hidup ini membosankan, lebih tepatnya semua akan terasa monochrome. kau tahu, hidup hanya berwarna hitam putih, seperti kau tak punya gairah dalam hidup.




Musik sudah seperti belahan jiwa kita

Musik telah memberi kita warna tersendiri, musik memberimu Semangat jika kau sedang sedih, frustasi, atau kau-tahu-bahasa-sekarang “galau”. tapi yang menjadi permasalahan adalah, sudahkah kau menghargai musik? maksudku, musik telah memberimu banyak kontribusi di tiap sisi. memberimu Semangat, Kekuatan, dan itu berarti musik menghargaimu. jadi, apakah sekarang kau benar-benar sudah menghargai musik?


dO yOu knOw? menurut informasi yang pernah aku dengar, dari sekitar 550 juta unit penjualan kaset dan CD musik serta lagu di Indonesia, penjualan asli tidak sampai 50 juta unit. sedangkan penjualan produk bajakan melampaui 100 juta unit. kau bisa bayangkan? produk bajakan bahkan 2 kali lipat penjualan produk original. dan apakah itu benar-benar tindakan benar dalam menghargai musik?

Maraknya pembajakan lagu di Indonesia karena semakin canggihnya tehknologi sekarang, seperti smartphone (bb, iPhone, Android, dll) dan terjangkaunya koneksi data Internet dimana memberi kemudahan dalam berselancar di dunia Internet. dengan semakin banyaknya proses sharing di dunia maya, pengguna Smartphone dengan mudahnya dapat mengunduh puluhan lagu dengan illegal


Sang legendaris. Rock You!

dO yOu KnOw? pelantun musik “I wanna hold your hand”, The beattles Paul McCartney pernah berkata “Beruntung kami hidup di zaman ketika pembajakan lagu belum secanggih sekarang”, sehingga mereka bisa mendapat royalti yang seimbang sesuai dengan hasil karyanya.

Suatu saat, aku pernah berkenalan dengan seseorang bernama Anto saat menunggu bis. kau tahu, setelah panjang lebar bercerita, dia adalah seorang pembajak. dia membajak sebuah lagu dan menjual-belikan dalam dunia maya tanpa izin dari pihak berwenang. dan aku bertanya bagaimana caranya kau bekerja? dan dia menjawab :”saya meng-copy sebuah lagu, lalu saya protect, agar tidak bisa di-copy orang lain dan saya perjualbelikan.” mendengar jawaban itu aku hanya menggelengkan kepala. bagaimana mungkin pembajak bisa lebih pintar dari industri rekaman asli?


Jadi, sudah saatnya kita menghargai kerja keras orang lain khususnya para seniman pencipta lagu, penyanyi dan industri rekaman. Kau tahu, ini penting agar pencipta lagu tak dirugikan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab, mengambil keuntungan pribadi dengan cara tak halal. bila pembajakan sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, lalu apa kata Dunia nanti?

Lalu, apa yang harus aku lakukan?
tenang kawan, karena sekarang ada salah satu portal website yang concer dan peduli terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di bidang musik. kau bisa membukanya di www.melon.co.id

melOn.co.id

Apa? Melon? benar, tapi salah besar jika kau berpikir melon disini adalah  buah bulat berwarna hijau yang biasa kau temukan di pasar. bukan!

Lalu, apa itu melon.co.id? So guys, MelOn disini maksudnya adalah website portal dimana kau bisa download dan streaming music tanpa batasan dengan layanan berbayar (menggunakan pulsa) yang tentu saja, telah mendapat izin dari Hak Pencipta

oke. sepertinya ini menarik. lalu fitur apa saja yang ada di dalamnya?
well, kau akan menemukan fitur yang lengkap seperti:

1. Download Musik semaumu!

tampilannya yang segar


Kau bisa menjelajah Dunia Musikmu tanpa batasan! Tersedia ribuan lagu-lagu Indonesia maupun luar negeri yang dijamin kau akan ketagihan. Dan menariknya lagi, kau bisa Streaming lagu mu!

2. Special MelOn Player

fitur melOn player yang futuristik

Dimana kau akan menemukan Player Music spesial yang dinamakan Melon Player. Kau juga dapat menemukannya di Apps Blackberry di Hp BB mu. Asyiknya, dalam player ini kau dapat mendownload dan streaming lagu sekaligus! (multiple download and streaming) dan mudahnya transfer lagu dari PC ke handphone, USB Storage, dan Portable Media Player lainnya. Di dalam fitur MelOn Player ini kau juga bisa mendengarkan lagu mu di Handphone dengan menu Sync yang ada pada MelOn Player. Menarik bukan?

3. MelOn Chart

mana band favoritmu?

Dimana kau bisa melihat artis/bandmu naik atau turun dari tangga lagu

4. Video Clip Music


Selain kau bisa mendengarkan lagu, kau juga dapat melihat Video Clip sesukamu

5. Quick Searching
Bingung mencari lagu? Band? Tenang, karena dengan fitur ini, kau bisa mencari lagu dengan sekali klik dan kau menemukannya. Mudah bukan?

6. Event
Dalam fitur ini, kau akan menemukan event-event menarik dan seru lainnya

7. Promo
paket promo yang tentu saja menawarkan paket yang menggiurkan

8.  MelOn FanPage
MelOn juga menyediakan FanPage Fb dan akun twitter untuk kamu yang setia melOn! Di Fanpage ini kau bisa mendapatkan Update terbaru dari MelOn request lagu, Dapat Info Menarik, MelOn Chart, Quiz, Dan lainnya. Temukan Fanpage MelOn di MelOn Indonesia dan Twitter di @MelOnIndonesia


Pembajakan tak hanya di bidang music. Dalam bidang lain pun pembajakan juga dapat dilakukan, seperti artikel atau buku. contoh sederhananya adalah, jika kau meng copy-paste sebuah artikel dari website lain, tanpa memberi sumbernya. Tahukah kau? Itu juga disebut dengan pembajakan!

sarikata.com

tapi tunggu dulu, kau bisa membuka http://www.sarikata.com/ dan kau akan menemukan apa yang kau inginkan. berisi kumpulan cerita artikel yang menggugah. dengan membuka website ini, kau juga akan ikut berpartisipasi dalam menghargai Hak Kekayaan Intelektual karena portal website ini peduli dan concern akan Hak Kekayaan di Indonesia.

lalu, aku akan menantang Anda sekalian. beranikah anda berubah demi Dunia Musik “Kita”?

Special thanks to:

            MELON
-          Music : Ciptakan Dunia Musik mu
-          Experience : Dapatkan Pengalaman Seru mu
-          unLimited : Raih Dunia Musik mu tanpa batasan
-          Original : Temukan Musik Orisinal mu
-          Now! : Semua hanya kau dapat di www.melon.co.id


referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Hak_cipta
informasi dO yOu knOw di dapat dari informasi orang lain

Posting Komentar

Bagaimana menurutmu?

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search